Friday, April 3, 2015

Cara Agar Berat Badan Tetap Ideal Saat Hamil


Anda Salah Jika masalah berat badan Ideal hanya untuk wanita Lajang atau untuk ibu yang sudah melahirkan. Ibu hamil juga perlu menjaga berat badan untuk kesehatan calon bayi anda. karena berat badan yang tidak sehat selama hamil juga menimbulkan resiko bagi ibu bahkan calon bayi anda

Baca: Risiko Berat Badan Tidak Sehat Semasa Hamil

Makan teratur dan seimbang.


Memasuki trimester 2 biasanya ibu hamil sudah tidak lagi merasakan ingin mual dan muntah, sehingga napsu makan ibu hamil cenderung bertambah. Penting untuk Perhatikan pola makan: makan tiga kali sehari secara teratur dengan jumlah sesuai kebutuhan di waktu yang sama setiap harinya, dengan komposisi seimbang dari sumber yang bervariasi. Masukkan unsur makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak serta buah-buahan dan sayur yang mengandung mikromineral vitamin, mineral serta serat.

Jangan lupa cukup minum.


Minumlah air putih terlebih dahulu sebelum mulai makan ini bermanfaat agar anda tidak seperti orang kelaparan saat makan serta habiskan makanan yang sudah sepantasnya Anda konsumsi, sehingga tidak ada lagi menikmati kudapan berlebihan di waktu lain. Ibu hamil tetap boleh ngemil, bahkan dianjurkan, karena ibu hamil tidak boleh berada dalam keadaan kelaparan, atau kehausan, namun jangan ngemil berlebihan dan sebisa mungkin hindari camilan tinggi karbohidrat dan lemak sebaiknya camilan berupa buah buahan. Camilan adalah pelengkap total kalori yang dibutuhkan tubuh Anda. Hindari untuk melakukan diet ketat, karena janin tetap membutuhkan kandungan zat gizi lengkap untuk pertumbuhannya.

Hindari makan terburu-buru.


Pernyataan sejak lama “kunyah makanan 32 kali untuk membantu kerja lambung” adalah tidak salah, bahkan ada fakta lain yang muncul bila Anda makan terburu-buru: gula darah akan meningkat –yang berbahaya bagi ibu hamil. Peningkatan terjadi ketika sumber karbohidrat yang Anda konsumsi sudah diserap oleh usus dan masuk ke dalam sirkulasi darah. Kadar gula normal yang akan membuat Anda merasa kenyang. Makan dengan cepat tanpa dikunyah dengan baik akan mengakibatkan Anda menghabiskan makanan yang banyak, sebelum naiknya kadar gula darah diketahui tubuh sebagai sinyal rasa kenyang.

Teruskan aktivitas seperti biasa.


Hamil bukan alasan untuk Anda tidak lagi melakukan aktivitas-aktivitas yang sebelum hamil dilakukan. Ibuhamil bukan orang sakit. Tetap aktifkan tubuh, lakukan pekerjaan rumah seperti biasa –membereskan tempat tidur, mencuci piring, membersikan dapur, atau berjalan-jalan santai sekitar rumah. Meski tubuh terasa semakin berat seiring membesarnya perut, bukan berarti anda sebagai calon ibu boleh terus berbaring dan duduk duduk saja. Selama Anda melakukan kegiatan dengan hati-hati dan tidak ada larangan dokter kandungan, lakukan aktivitas –karena hal itu membantu Anda untuk tetap bergerak dan membakar kalori, sehingga tubuh akan terasa lebih segar.



Makan camilan sehat.


Singkirkan camilan camilan kemasan yang selama ini jadi teman Anda (keripik, snack, dll). Karena camilan ini umumnya mengandung kalori dan kandungan garam yang tinggi –yang harus dikurangi selama hamil. Tapi tetap konsumsi buah-buahan, cokelat, susu atau yoghurt. Buah merupakan camilan yang sehat karena mengandung banyak serat dan rendah lemak. Cokelat merupakan sumber antioksidan, apalagi dark chocolate yang tidak mengandung kalori. Susu dan yoghurt mengandung kalsium yang membantu untuk pertumbuhan tulang janin. Bosan makan buah, susu, yoghurt atau cokelat secara utuh, coba olah agar lebih menarik, misalnya dibuat jus, salad atau pudding. Timbang berat badan setiap minggu. Timbang dan catat berat badan Anda minimal satu minggu sekali –dengan mengontrol berat badan, akan mempermudah memulai tindakan untuk mengembalikan berat badan ke posisi ideal. Patokannya adalah usahakan pertambahan berat badan Anda 1,6 kg/minggu pada trimester kedua dan 454 gram/minggu pada trimester ketiga.

Ubah kebiasaan.


Bila sebelum hamil tidak pernah berolahraga, tidak suka makan buah atau sayur mayur, malas minum air putih bahkan lebih senang minum minuman bersoda atau sirup/air manis lainnya atau hobi begadang, sekarang harus di hapus dari daftar kebiasaan anda. Semua kebiasaan buruk itu sangat berpengaruh pada pertambahan berat badan ibu hamil serta kesehatan janin. Lalukan olahraga yang berguna menjaga berat badan ibuhamil –dan kelak bayi yang akan lahir. Makanan atau minuman manis berlebihan hanya akan menimbulkan tumpukan lemak pada tubuh Anda. Serta kebiasaan malas makan harus dibuang jauh-jauh!

Bijak mengartikan ‘makan untuk 2 orang’.


“Hamil = makan untuk dua orang.” Mantra ini begitu membuat Anda berbinar-binar, karena artinya bebas makan apa saja dan banyak? Jangan! Meski dalam perut Anda ada makhluk hidup lain, bukan berarti Anda harus makan jatah untuk dua orang porsi dewasa. Cara seperti ini berpotensi besar menyebabkan bertambahnya berat badan. Makan untuk dua orang sebenarnya diartikan sebagai makan dengan memperhatikan kebutuhan untuk dua orang. Namun, tidak berarti porsi makanan yang Anda makan diberikan dalam jumlah dua kali lipat dari biasanya yang akan beresiko buruk saat anda dalam masa hamil

No comments:

Post a Comment