Saturday, April 4, 2015

4 Posisi Yoga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Menunggu kelahiran buah hati tentunya sangat membahagiakan, namun kadang juga melelahkan secara fisik maupun secara psikologis. Untuk itu terciptalah gerakan gerakan yoga yang dapat bermanfaat untuk selalu menjaga kebugaran fisik maupun semangat bagi anda yang sedang berada pada masa kehamilan trimester pertama.


1. Posisi Anak


Awali yoga dengan sikap badan anak memungkinkan Anda melepaskan ketegangan dan memperoleh keseimbangan. Berlututlah dan duduk di atas tumit dengan kedua tangan berada di sisi tubuh Anda. Saat mengeluarkan nafas, membungkuklah ke depan dan letakkan dada pada kedua lutut Anda. Lalu letakkan kedua lengan sejajar dengan tubuh dan tempelkan dahi Anda ke lantai. Tetaplah pada posisi ini sampai 5-8  menit, hingga tubuh Anda tidak lagi terasa tegang atau kaku.


2. Posisi Jembatan




Posisi yoga dengan sikap tubuh mirip jembatan bermanfaat untuk menstimulasi hormon Anda. Berbaringlah di lantai dan tekuk kedua lutut Anda, letakkan kedua telapak kaki di lantai. Usahakan agar kedua tumit dan tulang duduk berada pada posisi sedekat mungkin. Hembuskan nafas dan angkat tulang selangka Anda. Letakkan kedua tangan di bawah panggul dan angkat panggul Anda dengan menekan kedua lengan dan menjaga posisi tubuh agar tetap berada di atas kedua bahu Anda, serta angkat dahu Anda. Tetaplah bernafas dan berada pada posisi ini selama setengah menit sebelum meletakkan punggung Anda perlahan.


Baca juga: Manfaat Yoga Bagi Kehamilan


3. Posisi Teratai



Sikap tubuh atau posisi yoga teratai adalah salah satu dari tiga posisi yoga untuk ibu hamil yang menstimulasi dan mengendurkan area perut dan reproduksi. Mulai dengan duduk menjulurkan kedua kaki. Kemudian tarik kaki kanan Anda, kemudian duduk bersila. Letakkan kaki kanan di atas lutut kiri, kemudian ulangi dengan kaki kiri berada di atas lutut kanan. Tempatkan jemari Anda di atas lutut dan bernafas perlahan.


4. Salamba Sirsarana


Salamba Sirsarana, atau berdiri dengan kepala adalah posisi yoga yang memperkuat seluruh tubuh, mengurangi gejala asma dan insomnia, serta mengurangi stress. Dianjurkan untuk melakukan posisi ini dengan bersandar di dinding agar tidak terlalu membebani kepala dan leher. Mulailah dengan posisi Balasana. Julurkan kedua tangan Anda, tempatkan kedua lengan di lantai dengan kepala diantara jemari Anda. Tarik nafas, dan gerakkan kaki mendekati kepala hingga tumit terangkat dan bahu berada di bawah punggung Anda.

Hembuskan nafas dan angkat kedua kaki bersamaan, luruskan lutut dengan ujung ibu jari kaki lurus. Usahakan agar punggung tidak melengkung. Agar tulang selangka tidak tertekan, regangkan kedua kaki Anda ke atas. Pertahankan hingga 30 detik, dan akhiri posisi ini dengan menekuk kedua kaki ke bawah menirukan gerakan air secara perlahan dan kembali ke posisi 1 (posisi anak).

No comments:

Post a Comment